Penulis Topik: Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal  (Dibaca 14384 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal
« pada: Mei 09, 2008, 12:04:43 am »
Istikharah Cinta

Penulis        : M Shodiq Mustika, dkk
Penerbit      : QultumMedia, Jakarta
Cetakan       : Kedua, 2008
Tebal            : viii + 131 halaman

 
Urusan jodoh kadang gampang-gampang susah. Banyak yang dengan mudah menemukan jodoh. Namun tak sedikit yang pusing memikirkan jodoh yang tak kunjung datang. Kalau pun datang, masalah pun tak berhenti sampai di sana. Ada yang datang, namun harus menentukan pilihan yang sama sulitnya, karena yang datang tidak satu. Di sini problematika menentukan jodoh yang ideal sebagai suami atau istri harus terjadi.

Sebagian orang menentukan pilihan dengan kaca mata materialisme: kecantikan, harta, dan sejenisnya. Ada juga cara penentuan yang rumit, dengan membandingkan dalam berbagai perspektif, juga mekanisme lainnya. Islam sendiri sudah memberikan tuntunan untuk itu. Islam mengajarkan bagaimana memilih jodoh yang baik. Kendati pun demikian, tak jarang ada yang masih kebingungan dalam menentukan pilihannya.

Dalam konteks inilah, Islam juga memberikan semacam solusi. Menentukan satu dari sekian banyak pilihan yang menentukan dalam hidup tak cukup dengan pertimbangan materialistis. Islam mengajarkan istikharah dalam memilih jodoh ini. Istikharah (memilih) cinta adalah salah satu cara yang efektif dalam menentukan pilihan dalam mencari jodoh.

Istikharah adalah memohon kepada Allah agar memilihkan dan menentukan yang terbaik serta memudahkannya. Istikharah juga berarti menentukan yang terbaik serta memudahkan jalan dari sekian banyak pilihan, khususnya dalam menemukan jodoh ideal sesuai syariatnya. Salat istikharah adalah salah satu cara yang bernilai ibadah dalam menentukan pilihan terbaik dalam hidup. Ada metode khusus, juga doa khusus. Namun tak jarang juga ada hal-hal bid’ah yang kerap dilakukan.

 Misalnya mengharuskan adanya kemantapan hati, mengharuskan mimpi, memercayai ramalan paranormal, ramalan bintang, menggunakan tasbih dan lainnya. Berbagai amalan yang bid’ah, yang tak pernah diajarkan Rasulullah, tentunya tak boleh dilakukan dalam beristikharah yang benar.

Kendati disyariatkan dalam Islam, istikharah bukanlah jalan pintas mencari cinta. Tetap harus ada jalan yang dilalui untuk mendapatkan cinta, tentu dengan cara yang diridhai-Nya. Istikharah adalah metode spiritual yang urgen dalam menentukan pilihan untuk jodoh.

Buku Istikharah Cinta ini memberikan gambaran yang cukup luas mengenai istikharah. Beberapa contoh yang dikemukakan dalam buku ini menjadikannya aplikatif dan menarik. Bahasanya yang mengalir, ringkas dan padat juga menjadikan buku ini menarik dibaca. Buku ini tak hanya mengandalkan tema yang banyak dicari dan diperlukan kalangan muda, yakni cinta.

Buku ini menarik bukan hanya dari judulnya, namun juga mengenai cinta itu sendiri, dan fenomena yang terjadi di sekitarnya. Ia memberikan gambaran yang luas mengenai cinta, taqdir, jodoh dan masa depan. Buku ini akan bermanfaat bagi mereka yang terpana dan terombang-ambing dalam cinta.***

*******

Kutipan dari Riau Pos, 6 April 2008 http://www.riaupos.com/v2/content/view/4932/104/
« Edit Terakhir: Mei 15, 2008, 11:43:13 pm oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Istikharah Cinta
« Jawab #1 pada: Mei 09, 2008, 12:08:53 am »


Jodoh adalah urusan besar. Dengan suami/istri kitalah, kita jalani sebagian besar dari tahun-tahun kehidupan kita. Namun, seringkali memilih jodoh tidaklah mudah. Banyak orang diantara kita yang kebingungan, “Diakah jodoh yang terbaik bagi saya?”

Untuk mengatasi kebingungan itu, Islam menawarkan solusi yang unik berupa istikharah. Dengan adanya solusi ini, muncullah buku-buku mengenai istikharah supaya pembaca memahaminya dan mengamalkannya.

Lantas, kalau sudah ada banyak buku mengenai istikharah, mengapa buku [Istikharah Cinta] ini hadir ke hadapan Anda? Apakah ikut-ikutan saja?

Tentu tidak ikut-ikutan. Buku [Istikharah Cinta] ini memiliki keistimewaan tersendiri. Diantaranya adalah menghadirkan beragam sudut pandang sekaligus dalam satu buku. Ringkas tapi padat. Selain tinjauan fiqih, berdasarkan Al-Qur’an dan hadits yang shahih, buku ini memuat pula tinjauan aqidah, akhlaq, psikologi, matematika, dan lain-lain. Buku ini dilengkapi pula dengan pemaparan beberapa kisah nyata perihal istikharah pranikah.

Dengan banyaknya sudut pandang itu, ternyata buku [Istikharah Cinta] ini mampu pula menghadirkan informasi-informasi baru yang akan memperkaya wawasan Anda, disamping menjadikan jiwa Anda lebih tenang. Jadi, insya’Allah buku ini sangat cocok bagi Anda.

***

Itulah kutipan dari “Prakata” buku Istikharah Cinta: Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal (Jakarta: Qultum Media, Desember 2007), hlm. v-vi. Adapun komentar pembaca naskah buku tersebut adalah sebagai berikut.

“Buku ini tidak hanya mengandalkan tema yang banyak dicari dan dibutuhkan saja, tetapi juga mengandalkan cara penyajian yang berasa sekaligus intelek. Karena saat ini buku bagus sulit dicari, jangan lepas buku ini dari tangan Anda sebelum kelar dibaca.” (M. Irfan Hidayatullah – Penulis dan Ketua FLP Pusat)

“Membaca buku ini tidak hanya mengasyikkan karena daya tarik “cinta” itu sendiri, tapi memberi pemahaman dan wawasan lengkap mengenai semua aspek mencari jodoh yang terbaik, plus keterampilan bagaimana mengikhtiarkannya. Membacanya, saya disadarkan kembali pada hakikat istikharah itu sendiri, sebagai sebuah perjuangan panjang yang tidak pernah selesai. Cinta tidak turun begitu saja menimpa kepala kita. Sangat berguna untuk panduan orang muda jaman sekarang, bahkan yang sudah menikah sekalipun.” (Riana Ambarsari – penulis & pembuat kue handal)

“Mencari jodoh, menentukan pendamping hidup di masa depan, membutuhkan pertimbangan logika dan takdir masa depan dengan segala kemisteriusannya. Untuk itu, Allah telah membekali manusia dengan istikharah yang ampuh mengatasi kegalauan hati saat proses mencari jodoh. Sesungguhnya, seberapa pentingnyakah peran istikharah dalam menentukan jodoh yang tepat? Jawabannya segera Anda temui dalam buku Istikharah Cinta ini.”

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
Re: Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal
« Jawab #2 pada: Mei 09, 2008, 09:57:33 am »
iya buku itu bagus kemaren dah beli tp blom sempet dibaca semua ehh dipinjam teman n blom kembali

btw...salah satu penulisnya kan dudunger tuh... :)

d4vid_r5

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.926
  • Reputasi: 40
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dreaming...
    • Lihat Profil
Re: Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal
« Jawab #3 pada: Mei 09, 2008, 10:18:27 am »
btw...salah satu penulisnya kan dudunger tuh... :)
bener banget :cool:

calon_akhwat

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.737
  • Reputasi: 56
    • Lihat Profil
Re: Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal
« Jawab #4 pada: Mei 09, 2008, 10:23:01 am »
karena direkomendasikan sang penulis ditambah rasa penasaran, akhirnya beberapa bulan yang lalu, saya beli buku ini.
isinya menarik, terlebih di bab tentang "matematika" nya ;))
hebat deh si akang!

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
Re: Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal
« Jawab #5 pada: Mei 09, 2008, 10:31:41 am »

isinya menarik, terlebih di bab tentang "matematika" nya ;))
hebat deh si akang!
bener banget aku sempet baca yg bab itu....bagus :great:

ophelia

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.713
  • Reputasi: 13
  • Jenis kelamin: Pria
  • ophelia: that is me
    • Lihat Profil
Re: Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal
« Jawab #6 pada: Mei 09, 2008, 10:39:59 am »
wah..ini kan bukunya kang dodol (psycho_avatar) :D

^_^chusni@.maniez

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.447
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Wanita
  • ^senyum^
    • Lihat Profil
Re: Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal
« Jawab #7 pada: Juni 04, 2008, 11:29:31 pm »
numpang baca di gramed margonda

bis tu buku tipis........setengah jam habis....jd males beli


Dody Kurniawan

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 14
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • he...he...
    • Lihat Profil
Re: Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal
« Jawab #8 pada: Juni 10, 2008, 02:59:14 pm »
atasku...

he...he...

ketahuan kalo sering maen ke gramedia..... :D
pasti gramedia yg perempatan cikditiro yah....selatan bunderan UGM....

he...he....

(sama saya kadang2 suka numpang baca gratis di sana).... :">

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal
« Jawab #9 pada: Juni 10, 2008, 03:03:40 pm »
numpang baca di gramed margonda

bis tu buku tipis........setengah jam habis....jd males beli
bayar royaltinya tu ke kang psycho..   [-X  :D

saya masih perlu baca ga?  ;D

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal
« Jawab #10 pada: Juni 11, 2008, 12:18:33 am »
ada ebooknya ngga?
:D

guzee

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 19
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal
« Jawab #11 pada: Juli 11, 2008, 06:53:14 am »
wach...boleh nih bukunya....
kira2, dia seperti yang sy harapkan ga yach???
 :-?? :-??

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal
« Jawab #12 pada: Juli 14, 2008, 02:33:01 am »
tapi saya merasa ada yang mengganjal dihati,
ternyata mungkin perasaan ini benar, bukankah penulis utamanya, M. Shodiq Mustika itu kan yang "mengkampanykan" pacaran islami? yang nulis klo Nabi Muhammad pun pernah pacaran, trus juga nulis klo ta'aruf itu bid'ah? dan masih banyak lagi tulisan2nya yang kontroversial...

seperti disitusnya: http://pacaranislami.wordpress.com

Akhina Ifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.247
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • The Frame of My Deepest Heart...
    • Lihat Profil
    • Uhibbuka Fillah | Aku Mencintaimu Karena Allah
Re: Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal
« Jawab #13 pada: Juli 15, 2008, 08:51:12 pm »
Alhamdulillah, ternyata ada juga pejuangnya untuk mengkritik Site itu :)
Lihat ini

Akhina Ifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.247
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • The Frame of My Deepest Heart...
    • Lihat Profil
    • Uhibbuka Fillah | Aku Mencintaimu Karena Allah
Re: Istikharah Cinta, Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal
« Jawab #14 pada: Juli 20, 2008, 09:52:16 pm »
Alhamdulillah lagi, ternyata ada yang counter PI di http://pacaranislamikenapa.wordpress.com