Penulis Topik: Jilbab Wanita Muslimah  (Dibaca 19153 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Zaskia

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 4
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Jilbab Wanita Muslimah
« Jawab #15 pada: Oktober 23, 2007, 01:43:19 am »
wah iya tuh, seperti saya sekarang ini sednag bersekolah di luar negeri dan saya kurang nyaman klo pake kerudung yang tertutup...so saya modelin kerudung saya...gimana dong? :-/

そら

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.561
  • Reputasi: 47
  • when there's family, one can control oneselves...
    • Lihat Profil
Re: Jilbab Wanita Muslimah
« Jawab #16 pada: Oktober 23, 2007, 01:52:25 am »
negara apa?

siti aisyah

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: Jilbab Wanita Muslimah
« Jawab #17 pada: November 30, 2007, 03:17:54 pm »
assalamualaikum
cadar adalah sunnah rasul. seperti yang telah dijelaskan dalam sebuah hadist ( HR. BUKHARI MUSLIM ) insyaallah..kalau ana tidak keliru, bahwa pada zaman rasulullah SAW, Istri Nabi Muhammad, Siti Aisyah oleh nabi disuruh menemui sahabat-sahabat nabi tanpa cadar. (af1 kalau ana keliru)
allahu'alam...

gerrard

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 262
  • Reputasi: 10
  • Jenis kelamin: Pria
  • ^_____^'
    • Lihat Profil
Re: Jilbab Wanita Muslimah
« Jawab #18 pada: Januari 03, 2008, 10:33:05 am »
untuk masalah kantor yang menggunakan aturan dalam berjilbab yang tidak sesuai, kita tidak sepatutnya mengikuti aturan itu. ma'af ya..pekerjaan itu bukan halangan untuk para akhwat untuk dapat tampil sesyar'i mungkin. kalau aturannya tidak sesuai dengan aturan islam, kenapa para akhwat tidak berani meninggalkan pekerjaan itu?! di lain pihak bekerja juga bukan menjadi kewajiban seorang istri. jadi jangan jadikan alasan karena aturan kantor yang melarang kita untuk mengenakan jilbab, terus kita tidak berjilbab.

mamat

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 766
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Finally it will end this way...
    • Lihat Profil
Re: Jilbab Wanita Muslimah
« Jawab #19 pada: Januari 03, 2008, 11:02:04 am »
wah iya tuh, seperti saya sekarang ini sednag bersekolah di luar negeri dan saya kurang nyaman klo pake kerudung yang tertutup...so saya modelin kerudung saya...gimana dong? :-/
Gak nyamannya kenapa? Trus hubungan jilbab sama luar negeri apa? Jelasin dong!

nees

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.121
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • just wait and see ^__^
    • Lihat Profil
Re: Jilbab Wanita Muslimah
« Jawab #20 pada: Februari 27, 2008, 12:52:22 pm »
mau tanya kalo "tidak menyerupai pakaian wanita karfir" kl masa sekarang contoh konkritnya seperti apa ya..... kan model pakaian sekarang macem2?????
misalnya tidak seperti suster2 orang kristen,,,,
pakaian yang potongannya kayak biksu wanita,,,,
ato kayak kain sari penganut Hindu di India,,,
pakaian yang panjaaaaang banget, yang butuh orang untuk bawa ujung pakaiannya....

CMIIW... :D 

teewee

  • Pengunjung
Re: Jilbab Wanita Muslimah
« Jawab #21 pada: Februari 27, 2008, 01:00:02 pm »
Ukhti, sekarang khan banyak jilbab yang "nggak neko-neko". Sederhana tapi sar'i. Jadi kalau cari jilbab yang memenuhi kaidah-kaidah sar'i bukan pada modelnya. Bisa pada warna-warna gelap,besar dan polos (tanpa motif).

allahu a'lam

maksud akhi, muslimah tidak diperbolehkan memakai jilbab yang ada motifnya.. adakah hukumnya jika memakai jilbab harus sesuai dengan kriteria yang dituliskan akhi??

hadjiugi

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • My PrEcious TrEaSurE
    • Lihat Profil
Re: Jilbab Wanita Muslimah
« Jawab #22 pada: Februari 28, 2008, 03:40:03 pm »
Astagfirullah....
Ternyata banyak y wanita yng menggunakan jilbab hanya untuk trend....
 :(

yui_blue

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 21
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: Jilbab Wanita Muslimah
« Jawab #23 pada: Februari 29, 2008, 12:15:44 pm »
Ukhti, sekarang khan banyak jilbab yang "nggak neko-neko". Sederhana tapi sar'i. Jadi kalau cari jilbab yang memenuhi kaidah-kaidah sar'i bukan pada modelnya. Bisa pada warna-warna gelap,besar dan polos (tanpa motif).

allahu a'lam

maksud akhi, muslimah tidak diperbolehkan memakai jilbab yang ada motifnya.. adakah hukumnya jika memakai jilbab harus sesuai dengan kriteria yang dituliskan akhi??

Aduh...saya bingung ini...maksudnya gimana ya? jd kita tdk boleh mengenakan jilbab dgn warna cerah ataupun yang bermotif, bunga - bunga, atau ada pernik hiasannya? mohon penjelasan  :-/  :-/

ez_crim_maniez

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 360
  • Reputasi: 7
  • ^_^ Indahnya persahabatan...;-)
    • Lihat Profil
Re: Jilbab Wanita Muslimah
« Jawab #24 pada: Maret 24, 2008, 05:02:58 pm »
[q

Aduh...saya bingung ini...maksudnya gimana ya? jd kita tdk boleh mengenakan jilbab dgn warna cerah ataupun yang bermotif, bunga - bunga, atau ada pernik hiasannya? mohon penjelasan  :-/  :-/
[/quote]

Assalamualikum....ukhti...

Maaf nieh menurut pandangan saya, ngga papa kok jilbab dgn warna cerah ataupun yang bermotif, bunga - bunga, atau ada pernik hiasannya, zaman sekarang jgn disamakan dengan zaman dahulu, asalkan tidak berlebihan apalagi riya...(astaghfirullah).

Yang harus lebih diingat sesuai dengan syariah Islam, sekarang banyak kok contohnya, contohnya Ratih Sanggarwati, ukhti bisa liat kreasinya di majalah, atau di toko buku...

Tetapi menurut saya, semakin ukhti memperdalam agama Islam, Insya Allah, semakin paham mengapa orang tsb lebih memilih menggunakan jilbab, yg polos, hitam dan bercadar...

Begitu aja informasinya. semoga membuat ukhti merasa lebih tenang...:) Insya Allah






dhani

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 76
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • www.mustdhani.blogspot.com
Re: Jilbab Wanita Muslimah
« Jawab #25 pada: Mei 07, 2008, 10:40:36 am »
Aswrwb. Islam mewajibkan seluruh umatnya dari kaum hawa untuk berjilbab, namun mengapa banyak yang melanggar???? :-/ :-/ :-/
Wslmwrwb.

hanyta

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.384
  • Reputasi: 14
  • Jenis kelamin: Wanita
  • smile ^_^
    • Lihat Profil
Re: Jilbab Wanita Muslimah
« Jawab #26 pada: Mei 07, 2008, 03:06:56 pm »
alhamdulillah daku berjilbab...
semoga hati ku juga cantik seperti jilbabku.. ;)

ghuroba

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 26
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Jilbab Wanita Muslimah
« Jawab #27 pada: Mei 08, 2008, 04:48:12 pm »
 Alhamdulillah, Shalawat dan Salam atas Rasulullah Shallallaahu `Alaihi Wasallam, ‘amma ba’du: Risalah ringkas ini ditujukan kepada Ukhti Muslimah, berkenaan dengan masalah Hijab dan masalah membiarkan wajah tanpa hijab. Tidak tersembunyi bagi siapapun bahwa di banyak negara yang berpenduduk mayoritas Muslim, masih banyak kalangan wanita yang bertabarruj (berhias di luar kemestian), dan tiadanya komitmen mereka terhadap hijab. Tidak diragukan lagi bahwa ini merupakan satu kemunkaran yang besar, yang merupakan sumber datangnya malapetaka dan bencana.

Syaikh Shalih Utsaimin ditanya tentang sifat Hijab Syar`I, maka ia menjawab:"Pendapat yang paling rajih (benar) ialah bahwa hendaklah wanita menghijabi seluruh bagian yang dapat menimbulkan fitnah terhadap kaum lelaki, diantara sumber paling besar fitnah dalam diri wanita adalah wajah, maka wajib baginya untuk menutup wajahnya dari seluruh ajnabi (lelaki asing, bukan mahram), adapun terhadap orang-orang yang masih ada hubungan mahram maka tidak mengapa ia menampakkan wajahnya. 'Adapun orang-orang yang mengatakan bahwa Hijab Syar`ie adalah dengan menutupi rambutnya dan membiarkan wajahnya terbuka…maka ini merupakan pendapat yang sangat aneh!! Manakah penyebab fitnah yang paling besar, rambut ataukah wajah?! Dan manakah bagi orang yang menghendaki wanita, apakah mereka menanyakan wajah wanita ataukah rambutnya? 'Dua pertanyaan diatas tidak mungkin dijawab kecuali dengan : "Sesungguhnya sumber fitnah paling besar adalah terdapat pada wajah" Dan hal ini tidak diragukan lagi. Lelaki akan tertarik kepada wanita jika wajahnya cantik walaupun rambutnya dibawah kecantikan wajahnya. Dan, sebaliknya lelaki tidak akan tertarik kepada wanita yang berwajah buruk sekalipun rambutnya indah menawan. Maka pada hakikatnya hijab syar`I adalah yang menghijabi wanita sehingga tidak menimbulkan fitnah atau dengannya ia terfitnah, dan tidak diragukan lagi bahwa wajah lah sumber utama fitnah itu.