Penulis Topik: gimana seh cara mengobati hati yang kena virus merah jambu?  (Dibaca 6745 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: gimana seh cara mengobati hati yang kena virus merah jambu?
« Jawab #15 pada: April 28, 2008, 01:24:15 pm »
hadits tsb sejauh pengetahuan saya bunyinya sbb:
Orang-orang yang dalam keadaan isyiq/cinta, lalu ia menahan dirinya dan berlaku sabar, kemudian ia mati, maka matinya itu dalam keadaan syahid.

saya belum pernah mengkajinya, tapi pernah baca bahwa hadits tsb secara sanad dhaif..
untuk tau boleh/tidaknya hadits tersebut dijadikan sebagai hujjah, lebih baik tanya mas fahmie aja yang lebih mumpuni ilmu agamanya  ;D

reycaman

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 315
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • nothing..i'm try to defend
    • Lihat Profil
    • kumpul2 di website amatiran
Re: gimana seh cara mengobati hati yang kena virus merah jambu?
« Jawab #16 pada: April 28, 2008, 02:21:07 pm »
@mujahid cinta
(alhamdulillah udah)

insyaAllah kalau ktia berpegang teguh pada Allah SWT dan mengamalakan 5 obat hati mungkin bisa meredam perasaan VMJ itu

fahmie ahmad

  • Pengunjung
Re: gimana seh cara mengobati hati yang kena virus merah jambu?
« Jawab #17 pada: April 28, 2008, 02:24:39 pm »
saya belum bisa menge
hadits tsb sejauh pengetahuan saya bunyinya sbb:
Orang-orang yang dalam keadaan isyiq/cinta, lalu ia menahan dirinya dan berlaku sabar, kemudian ia mati, maka matinya itu dalam keadaan syahid.

saya belum pernah mengkajinya, tapi pernah baca bahwa hadits tsb secara sanad dhaif..
untuk tau boleh/tidaknya hadits tersebut dijadikan sebagai hujjah, lebih baik tanya mas fahmie aja yang lebih mumpuni ilmu agamanya  ;D


1 ) mas arif, jika toh memang sanadnya dha'if, dha'iful isnad ( sanad yang da'if ) belum tentu dhai'if matannya. artinya, walaupun toh sanadnya dha'if, tapi matannya bisa jadi menunjukkan pada makna yang benar ( shahih ). Dan jumhur muhaddisin ( sebagian besar ulama ahli hadis ), membolehkan beramal dg hadis dha'if untuk fadhailul a'mal. tinggal mas arif ikut yang mana, apakah ikut ulama yang mutlak tidak boleh beramal dg hadis dha'if, atau ikut ulama yang membolehkan beramal dg hadis dha'if untuk fadhailul a'mal ( keutamaan2 amal )  ;)

2 ) sanadnya dha'if dalam satu takhrijan ulama, belum tentu dha'if menurut takhrijan ulama yang lain. misalkan, dha'if menurut bukhari, belum tentu dha'if menurut muslim. dha'if menurut muslim, belum tentu dha'if menurut baihaqi dan seterusnya.....jadi, mengatakan sebuah hadis dg dha'if, itu harus dilihat dulu dha'if menurut siapa... :) :) karena bisa jadi, dari muhaddis lain hadis tadi hasan atau shahih.

Gt mas arif... ;;)

reycaman

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 315
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • nothing..i'm try to defend
    • Lihat Profil
    • kumpul2 di website amatiran
Re: gimana seh cara mengobati hati yang kena virus merah jambu?
« Jawab #18 pada: April 28, 2008, 02:41:08 pm »
wah hebat mas
jd saran mas dalam tread ini n di tambah hadist itu gmn tuh

mujahidcinta

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 354
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Pria
  • laa 'izzata illa bil Jihad
    • Lihat Profil
Re: gimana seh cara mengobati hati yang kena virus merah jambu?
« Jawab #19 pada: April 28, 2008, 02:42:15 pm »
Tpi kalo dilihat dari penulis buku trsebut sich, yaitu Syaikh 'Abdullah Nashih 'Ulwan (Dosen mata kuliah studi Islam di Universitas King 'Abdul 'Aziz) nggak mungkin tk mnuliskn hadits dhoif ana kira.Wallohu a'lamu.

reycaman

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 315
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • nothing..i'm try to defend
    • Lihat Profil
    • kumpul2 di website amatiran
Re: gimana seh cara mengobati hati yang kena virus merah jambu?
« Jawab #20 pada: April 28, 2008, 02:47:08 pm »
wah mas juga tahu ya?
smg ja mas ana n mujahid dll dapat ilmu yg lebih banayk nih...supaya bisa nentuin mana hadist shahih or nggak. dalam problema vmj ini

dhani

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 76
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • www.mustdhani.blogspot.com
Re: gimana seh cara mengobati hati yang kena virus merah jambu?
« Jawab #21 pada: Mei 09, 2008, 09:18:36 am »
Aswrwb. Hilangnya cinta karena hilangnya sebab. :x :x
Jika kamu dintanya tentang mengapa kamu mencintainya?
Lalu kamu menjawab karena dia cantik. Maka itu bukan cinta sejati.
Cinta sejati adalah jika kamu ditanya tentang mengapa kamu mencintainya maka kamu menjadi bingung dan tak bisa mengungkapkan dengan kata-kata, itulah cinta sejati. Tentunya didasari dengan cinta karena Allah SWT semata.  :x :x :x
wslmwrwb.

afifah_qonaah

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 13
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: gimana seh cara mengobati hati yang kena virus merah jambu?
« Jawab #22 pada: Mei 09, 2008, 09:04:39 pm »
 :x
MENCINTAI YANG DICINTAI TERCINTA MERUPAKAN KESEMPURNAAN CINTA YANG DICINTA TERCINTA. L-)
tapi prinsip ini cuma pantas ;D kalo di tunjukan buat Allah....

lin_yank

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.479
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Love Allah.. ^_^
    • Lihat Profil
Re: gimana seh cara mengobati hati yang kena virus merah jambu?
« Jawab #23 pada: Mei 10, 2008, 10:59:07 am »
Jatuh cinta..
Itulah fitrah manusia.
sebuah Anugrah dari Allah untuk qt.
Tapi berhati-hatilah....
aq juga pernah merasakan betapa nikmatnya saat fall in love.
itu dulu....
saat aq liat dia begitu baek didepanq
saat aq tau dia cocok bgt denganq
masuk dalam kriteriaq..
tapi apa yang aku dptkan sekarang???
hanya kepedihan hati karna aku salah mengira orang..
salah menilainya...
dia bukan spt orang yang aq duga selama ini
dya hanya memakai topeng saat didpnq.
topeng kebohongan.
mungkin juga krna aq yang terlalu bodoh...
Jika aq inget ttg semuanay.ingin aq kembali lagi dan tak melakukan hal itu.
ingin aq tak melakukan hal bodoh & berdosa itu
Ya Allah...,sungguh berdosanya hambaMu ini..
Ampunilah aq...